Bewara UPT


» SELEKSI KOMPETENSI DASAR KEMENKUMHAM TELAH SELESAI

SELEKSI KOMPETENSI DASAR KEMENKUMHAM TELAH SELESAI

SELEKSI KOMPETENSI DASAR KEMENKUMHAM TELAH SELESAI
Senin, 02 Oktober 2017
07:00 WIB
5.904 kali dilihat

SKD kemenkumham telah selesai pada hari Jum’at tanggal 29 september 2017. Jumlah peserta SKD S1 untuk wilayah Propinsi Banten sebanyak 9.736 peserta, untuk peserta yang memenuhi passing grade sebanyak 14,65%. Sementara itu untuk peserta SKD SLTA dan DIII sebanyak 4.957 peserta dan peserta yang memenuhi passing grade sebanyak 8,25%. Rata-rata tingkat memenuhi passing grade dibawah 15 % dari jumlah peserta seleksi. Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa peserta yang memenuhi passing grade sangat kecil ? mungkinkah soalnya terlalu sulit ? atau mungkin waktunya kurang ? atau faktor yang lain. Perlu evaluasi mengenai hal ini untuk semua pihak.

Hasil wawancara tim UPT BKN Serang dengan beberapa peserta sebagai berikut :

  1. Peserta yang memenuhi passing grade mengatakan bahwa, semua soal sebenarnya ada pada saat mereka masih sekolah, tinggal belajar dan menambah wawasan lagi pasti bisa. Memang selesai sekolah bukan berarti berhenti belajar tetapi harus terus belajar. Berkaitan dengan sistem penerimaan CPNS sekarang mereka mengatakan sangat bagus, dalam arti objektif, transparan dan akuntabel karena setelah selesai ujian langsung keluar nilai.
  2. Peserta yang belum memenuhi passing grade mengatakan bahwa sebenarnya semua ada pada pelajaran pada saat sekolah, namun waktunya kurang. Kalau bisa waktunya ditambah lagi. Bagi teman teman yang belum berhasil diharapkan jangan putus asa dan belajar lagi. Ketika ditanya mengenai sistem penerimaan dengan CAT dia menjawab sistem ini sangat bagus, objektif, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan karena hasilnya langsung keluar.

Dengan telah selesainya SKD ini perlu kita mengucapkan Puji dan Syukur kepada Tuhan, bahwa semua diberi kelancaran. Kita masih mempunyai tanggungjawab babak selanjutnya yaitu fasilitasi SKB. Semoga SKB juga berjalan lancar tidak ada hambatan. Sukses buat teman-teman BKN dan Kemenkumham atas kerjasama dan koordinasi yang baik semua bisa berjalan dengan baik.


Ditulis oleh: Juwardi, S.Sos., MAP
Tags: UPT, UPT BKN Serang, Berita UPT, CPNS, CPNSKEMENKUMHAM

Bewara Lainnya

SKD Sekolah Kedinasan STAN Tahun 2022

SKD Sekolah Kedinasan STAN Tahun 2022

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar Sekolah Kedinasan STAN tahun 2022 menggunakan aplikasi CAT BKN. ...

Pembukaan SKD Sekolah Kedinasan STIS Tahun 2022

Pembukaan SKD Sekolah Kedinasan STIS Tahun 2022

Pembukaan SKD Sekolah Kedinasan STIS oleh Bapak Tauchid Djatmiko selaku Kepala Kantor Regional III BKN ...

SKD Sekolah Kedinasan Kemenkumham Tahun 2022

SKD Sekolah Kedinasan Kemenkumham Tahun 2022

Proses pembukaan segel Ruang CAT UPS BKN Serang pada SKD Sekolah Kedinasan Kementerian Hukum dan HAM. ...

SKD Sekolah Kedinasan IPDN Tahun 2022

SKD Sekolah Kedinasan IPDN Tahun 2022

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar pada Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN dengan metode CAT BKN. ...