Bewara UPT


» BKD KOTA SERANG MELAKSANAKAN TES PEMETAAN KOMPETENSI JABATAN ESELON IV

BKD KOTA SERANG MELAKSANAKAN TES PEMETAAN KOMPETENSI JABATAN ESELON IV

BKD KOTA SERANG MELAKSANAKAN TES PEMETAAN KOMPETENSI JABATAN ESELON IV
Jum'at, 25 November 2016
09:02 WIB
2.006 kali dilihat

Penempatan pegawai pada tempat yang tepat merupakansalah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh organisasi untuk mencapai kinerja yang diharapkan. Dengan penempatan pegawai yang tepat sesuai dengan kompetensi pegawai, maka dapat meningkatkan kinerja pegawai. Penempatan pegawai yang tepat ini dapat dilakukan apabila sebuah organisasi mengetahui kompetansi masing-masing pegawainya dan dipadukan dengan kebutuhan jabatan yang dibutuhkan pada organisasi tersebut.

Dalam rangka mengetahui kompetensi pegawai maka BKD Kota Serang pada tanggal 22 sampai dengan 23 Nopember 2016 melaksanakan tes pemetaan kompetensi jabatan eselon IV. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Regal Anyer dengan diikuti sebanyak 212 peserta yang semula rencananya diikuti sebanyak 245 peserta dengan rincian sebagai berikut :
1. Jumlah sesi :
Pelaksanaan tes dilaksanakan sebanyak 4 sesi
2. Peserta :
a. Peserta yang hadir sebanyak 212 orang
b. Peserta tidak hadir sebanyak 33 orang
3. Nilai :
a. Nilai tertinggi 345
b. Nilai terendah adalah 147.
Sebelum kegiatan tes dimulai dilakukan acara pembukaan oleh Kepala BKD Kota Serang. Pada acara pembukaan tersebut Kepala BKD Kota Serang mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini mengacu kepada Undang-Undang Aparatur Sipil Negara bahwa PNS harus berkompetensi, berkualitas mempunyai integritas dan berkinerja. Oleh karena itu dalam rangka pengambilan kebijakan kepegawaian harus mengetahui kompetensi para pegawai atau para pejabat dan salah satunya melaui tes pemetaan kompetensi jabatan ini. Pelaksanaan tes pemetaan ini juga dalam rangka mempersiapkan rencana adanya perubahan SOTK, sehingga apabila SOTK nanti diberlakukan maka pemerintah Kota Serang sudah siap dengan mempertimbangkan para pegawai yang akan ditempatkan sesuai SOTK yang baru.
Selain dari itu kepala BKD juga membacakan sambutan dari Walikota Serang, karena sebenarnya pembukaan kegiatan ini akan dibuka oleh Walikota namun karena ada kegiatan Walikota yang tidak dapat ditinggalkan maka sambutan dibacakan oleh Kepala BKD. Dalam sambutan yang di bacakan oleh Kepala BKD, Walikota Serang menyatakan bahwa permasalahan kepegawaian ini terjadi karena adanya ketidak sesuaian antara pegawai ASN yang diharapkan dengan kondisi yang ada sampai saat ini. Selain dari itu juga adanya kontribusi yang tidak seimbang dan merata maka secara bertahap akan diperbaiki.
Karena adanya ketidak sesuaian antara yang diharapkan dengan kondisi yang ada, maka diperlukan alat untuk mengukur kompetensi yang nantinya dapat digunakan sebagai pengambilan keputusan dalam penempatan pegawai serta dalam rangka menduduki jabatan yang tepat. Pengembangan aparatur yang berbasis kompetensi dan transparan juga perlu terus dilakukan oleh pemerintah Kota Serang. Beliau berpendapat bahwa hasil CAT dapat mengukur kompetensi personal maupun impersonal dan hasil CAT ini dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk keputusan Baperjakat. 
Pelaksanaan pemetaan kompetensi jabatan eselon IV yang berlangsung selama 2 hari ini pada dasarnya berjalan dengan lancar kalaupun ada sedikit kekurangan namun kekurangan ini akan dijadikan bahan evaluasi pelaksanaan kedepan agar menjadi lebih baik lagi. Pelaksanaan kegiatan diakhiri dengan penandatangan berita acara dan serah terima hasil oleh perwakilan dari BKD Kota Serang Kasubid Pengembangan Karir PNS dan Kepala UPT BKN Serang.
Harapannya kedepan kerjasama antara BKD Kota Serang dengan BKN semakin meningkat dengan cara meningkatkan koordinasi yang lebih intens sehingga segala kekurangan dapat diperbaiki dan pelaksanaan tes menjadi lebih baik. (JW)

 

Ditulis oleh: Juwardi, S.Sos., MAP
Tags: BKD KOTA SERANG MELAKSANAKAN TES PEMETAAN KOMPETENSI JABATAN ESELON IV

Bewara Lainnya

SKD Sekolah Kedinasan STAN Tahun 2022

SKD Sekolah Kedinasan STAN Tahun 2022

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar Sekolah Kedinasan STAN tahun 2022 menggunakan aplikasi CAT BKN. ...

Pembukaan SKD Sekolah Kedinasan STIS Tahun 2022

Pembukaan SKD Sekolah Kedinasan STIS Tahun 2022

Pembukaan SKD Sekolah Kedinasan STIS oleh Bapak Tauchid Djatmiko selaku Kepala Kantor Regional III BKN ...

SKD Sekolah Kedinasan Kemenkumham Tahun 2022

SKD Sekolah Kedinasan Kemenkumham Tahun 2022

Proses pembukaan segel Ruang CAT UPS BKN Serang pada SKD Sekolah Kedinasan Kementerian Hukum dan HAM. ...

SKD Sekolah Kedinasan IPDN Tahun 2022

SKD Sekolah Kedinasan IPDN Tahun 2022

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar pada Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN dengan metode CAT BKN. ...